Rabu, 09 Januari 2019

Kisah Sukses Wanita yang Jadi Makelar Rumah Lewat Instagram

Kisah Sukses Wanita yang Jadi Makelar Rumah Lewat Instagram

Mereka yang meraup keuntungan dari Instagram biasanya adalah para selebgram atau influencer. Banyak pula yang memanfaatkan media sosial tersebut untuk berjualan makanan hingga kosmetik. Wanita berikut pun unik karena mengandalkan Instagram untuk memberi informasi rumah dijual.

Zaman sekarang semua orang selalu mencari segala hal secara online, paling tidak sebagai referensi. Tak terkecuali tempat tinggal. Kini memang banyak situs yang menyediakan informasi rumah dijual. Namun seorang wanita bernama Elizabeth Finkelstein mengumpulkan info-info tersebut yakni pada sebuah akun Instagram yang lebih praktis.

Ide tersebut pertama kali muncul setelah orangtuanya kesulitan menjual rumah. Padahal rumah tersebut punya bangunan bata yang terlihat vintage dan disukai banyak orang. Kemudian ia berusaha memasarkannya kepada orang-orang yang memang mencari rumah bernuansa historikal.


Dari situ, Elizabeth menemukan kecintaannya pada rumah-rumah tua. Ia kemudian mulai mencari rumah-rumah bergaya lama yang dijual, memfoto, mencari harga, dan mengunggahnya ke Instagram. Akun itu pun mendapatkan banyak like dan komentar dari pencari rumah tua.

"Jika kamu mencintai sesuatu, pasti akan ada orang lain di luaran sana yang menyukainya. Jika kamu percaya pada sesuatu dan mulai mendalaminya, kamu akan mengumpulkan orang-orang di sekitarmu dan membentuk sebuah komunitas," kata Elizabeth kepada Time.

Ketika memulai, Elizabeth memang baru resign dari pekerjaannya. Profesi baru ini pun cocok untuknya yang tetap ingin bekerja sambil menghabiskan waktu dengan anak. Bersama sang suami, Elizabeth pun membuka situs Circa Old Houses yang juga menyediakan info mengenai rumah tua.


"Ada sesuatu dengan melihat rumah besar dan tua di suatu tempat. Sesuatu yang meminta bantuan. Sesuatu yang mungkin mampu dibeli dan membayangkan 'bagaimana jika?," ungkapnya.

Namun menyulap akun media sosial atau website menjadi bisnis menjanjikan tak bisa seperti membalikkan telapak tangan. Butuh beberapa tahun untuk Elizabeth bisa membawa untung dari hobinya. Kini Elizabeth bisa mendapat penghasilan dari orang-orang yang ingin mengiklankan rumahnya.

"Orang-orang selalu berkata 'temukan suara aslimu dan lakukan sesuatu yang benar-benar dirimu. Ini selalu menjadi suara autentikku dan selalu yang aku suka lakukan," tuturnya.