Senin, 11 Mei 2015

7 Cita Cita Anak Lulusan SMU/SMK Bontang Yang Perlu DI Ketahui

Beberapa hari yang lalu team kotabontang.org mencoba membuat survey kecil kecilan tentang cita cita para lulusan SMU/MK yang ada di berbagai penjuru kota bontang. Memang Ujian Nasional Sudah selesai, mereka para pelajar SMU/SMK ini tinggal menunggu pengumuman kelulusannya. Banyak yang senang dengan selesainya UN yang mereka jalani, namun tak sedikit yang "menatap kosong' setelah ini. Apa yang akan mereka lalukan setelah kelulusan mereka nanti. Nah, kali ini kami akan mencoba merangkum tentang 7 Cita Cita Anak Lulusan SMU/SMK Bontang itu.

Berikut ini 7 daftar Cita Cita Anak Lulusan SMU/SMK Bontang Yang Perlu Di Ketahui :

1. Melanjutkan Kuliah

Rata rata mereka yang punya cita2 melanjutkan kuliah adalah anak dari karyawan pt pupuk, pt badak , pt indominco dan anak dari para pegawai negri sipil/aparat pemerintah bontang. Sebagian dari mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atas niat dari pribadi dan tak sedikit pula atas dorongan orang tua mereka. Maklum orang tua mereka mapun dan memiliki dana yang cukup tak ingin ananknya hanya menamatkan pendidikan setingkat SMU.

2. Kerja Di PT Pupuk Kaltim

Berseragam abu abu khas PT pupuk kaltim adlah sebagian cita2 dari anak anak lulusan SMU dan khususnya SMK di Bontang. Banyak sudah kisah sukses anak SMK Negri 1 Bontang yang berhasil bekreja di perusahaan pupuk terbesar di indonesia ini. Mereka bercita cita bisa masuk mejadi karaywan PT Pupuk Kaltim atas dorongan membantu ekonomi keluarga, meskipun sebagian mereka sebenarnya juga dalam ekonomi menengah keatas. Anak anak di sekitar PT Pupuk kaltim terutama Guntung , Lok Tuan, Sidrap, Kilo 3 hampir 90 % menginginkan dan di terima menjadi Karyawan PT Pupuk Kaltim.Dalam hal ini menjadi karaywan PT KPI, PT KMI, PT KIE kami anggap sama.

3. Kerja Di PT Badak NGL

Meskipun PT badak NGL ini di gosipkan akan di tutup setelah tahun 2017, tapi tak menyurutkan mereka para lulusan SMU/SMK untuk bisa bekreja di PT badak.Dorongan ekonomi dan faktor nama besar PT badak yang membuat sebagian anak smu berlomba lomba bisa masuk menjadi laryawan PT badak. Sama halnya dengan PT pupuk kaltim, karyawan dari kedua perusahaan ini rata rata memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas. melihat sejarah dari para karyawan kedua perusahaan ini, Antusiasme para lulusan smu/smk untuk bisa masuk menjadi karyawan pt badak dan pt pupuk sangat tinggi.

4. Kerja Di Tambang, PT indominco / PT Pamapersada

Setelah kedua perusahaan PT pUpuk dan pt badak, perusahaan besar yang menjadi cita2 para lulususan smu/smk di bontang andalah bekerja di Tambang. Tambang yang di kwelola oleh PT indominco mandiri.

5. Kerja menjadi PNS

Siapa sich yang gak mau menjadi PNS. Sebagian mereka lulusan SMU juga menjadikan PNS sebagai cita cita untuk hidup yang lebih baik.


6. Bisnis

Tak banyak memang dari ratusan lulusan SMU/SMK yang punya cita2 berbisnis. Tapi sebagian kecil dari mereka ada yang memilih jalur bisnis sebagai pilihan mereka. Pilihan bisnis ini kadang merupakan opsi pilihan kedua setelah Opsi piliha ke 1 samapai ke 5 tidak kesampaian.


7. Tidak Tahu

Ya, di pilihan Cita cita ini jawaban tidak tahu juga banyak kita jumpai. Ketidak tahuan ini tak terlepas dari kondisi eknomi orang tua mereka. Mau melanjutkan Kuliah tidak punya biaya, mau mencoba mendaftar di perusahaan di sekitar belum tentu di terima. Mereka rata2 tidak menggantungkan cita2 untuk menjadi ini itu. Hidup bagi mereka adalah di jalani.Di pilihan nomer 7 ini mereka akan tetap berusaha mencoba mencari perkerjaan di berbagai perusahaan seperti PT KNE, PT YUM, PT KMU, ataupun berbagai kegiatan bisnis di sekitar bontang.


Nah, itulah ketujuh bisnis yang menjadi cita2 dari anak anak lulusan SMU?SMK di bontang. 

Bagaimana dengan Cita cita kamu?

Media Informasi, Berbagi, Diskusi, Edukasi dan Hiburan seputar Kota Bontang | Iklan/afiliasi: suarabontang@gmail.com | 24DA28B9 We Call You @Bontangers