Rabu, 01 April 2015

Kisah Sukses Hannifa Fitria Dengan Bisnis Modal Kecil

Hannifa Fitria adalah nama pengusaha muda yang sukses dengan bisnis modal kecil. Bisnis berawal dari ide teman kuliahnya yang sempat tertunda untuk dieksekusi menjadi sebuah bisnis yang nyata, sehingga baru bisa direalisasikan menjadi sebuah bisnis nyata setelah beberapa tahun setelah Hannifa menyelesaikan kuliahnya. Ide tersebut bukanlah ide yang wah, idenya cukuplah sederhana dengan keinginannya untuk mengangkat tema Nusantara pada semua produk yang dihasilkan.

Berawal dari sebuah obrolan santai dengan salah seorang teman semasa kuliahnya mengenai ketertarikannya dengan kekayaan seni yang ada di Indonesia, mulai dari motif hingga cara pembuatan benda-benda tradisional. Kemudian hal tersebut menjurus pada sebuah ide yang tujuannya untuk mengekplorasi dalam hal ini “kenusantaraan” menjadi suatu produk yang kasual dan masa kini sehingga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.
tto

Karena kesibukannya selama duduk dibangku kuliah, seperti layaknya mahasiswa yang lain yaitu sibuk pada urusan organisasi kampus ataupun sibuk dengan aktifitas kuliahnya, akhirnya ide pun tertunda dan sempat terbengkalai. Hingga pada akhirnya setelah beberapa tahun setelah selesai kuliah, akhirnya mereka bertemu kembali dan baru sempat untuk merealisasikan ide yang telah ada sebelumnya itu. Hannifa bersama temannya mampu memulai bisnis hanya dengan modal nekat. Betapa tidak, Hannifa memulai bisnis hanya dengan modal usaha yang nyaris Rp 0,-.

Bisnis yang berhasil dijalankan oleh Hannifa memang tampak sederhana, produk yang dihasilkan berupa merchandise kaos murah, tas dan boneka dengan brand “Kiwari”. Yang membedakan produk ini dengan produk lain di pasaran adalah keberhasilan Hannifa dalam mengangkat ide kenusantaraan kedalam produk-produk yang dihasilkannya. Dan hal itulah yang pada akhirnya menjadikan kekuatan dari bisnis milik Hannifa yaitu “Kiwari”. Khusus untuk produk boneka, gerakan Hannifa sudah terbilang berani karena selama ini boneka-boneka yang beredar di Indonesia adalah produk impor.

Memulai bisnis dengan modal kecil yang nyaris Rp 0,- membuat Hannifa harus berpikir lebih keras dan kreatif dalam mencari cara agar bisnis yang dijalankan dapat terus eksis. Dengan modal kecil yang hampir nol rupiah mereka tetap memberanikan diri dengan mulai mencari klien yaitu dengan tim produksi penjahit kaos murah yang berasal dari daerah industri di kota Bandung yang pada saat itu hampir bangkrut atau gulung tikar.

Dengan sumber daya yang terbatas, awalnya Hannifa belum mampu untuk menghasilkan produk merchandise dengan value nusantara, karena pada prinsipnya bisnis yang dijalankan biarlah jalan terlebih dahulu saja, apapun resikonya. Namun dengan kerja keras dan keuletan akhirnya mereka bisa berhasil mewujudkan idenya pada waktu masih kuliah, yaitu merealisasikan kenusantaraan kedalam produk-produknya.

Tahun 2013 merupakan tahun kedua dimana perusahaan mereka berdiri dan merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi hannifa dan rekannya. Saat ini mereka sudah memiliki mitra dengan 3 vendor yang menjading kurang lebih 15 orang tenaga kerja yaitu penjahit kaos murah atau tempat bikin kaos, penjahit boneka dan tas.

Bisnis kami juga sudah mendapat kepercayaan dari sebuah badan baitul maal, yaitu sebuah investasi untuk membantu meningkatkan produktivitas kami yang juga untuk merealisasikan konsep produk bernilai nusantara sesuai dengan mimpi sebelumnya. Dan yang paling terpenting dan kami syukuri dalam hal ini adalah kepercayaan dari para klien, sehingga membuka peluang bisnis pada kerja sama yang lebih besar lagi.

Semoga kisah sukses Hannifa Fitria dengan bisnis modal kecil yang dijalankannya bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis namun masih bingung dengan minimnya modal usaha yang dimiliki. Salam sukses!

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!