Senin, 06 April 2015

Dampak Kenaikan BBM Belum Hilang, TDL Naik Mei?

JAKARTA - Pengamat Ekonomi Lana Soelistianingsih mengungkapkan bahwa adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal Maret dan ada wacana Tarif Dasar Listrik (TDL) yang akan mengalami kenaikan di bulan Mei turut mendorong pelemahan keyakinan kepada konsumen.

"Ada wacana dimana TDL akan naik di Mei, kemudian diikuti oleh naik harga-harga yang lain itu juga turut mempengaruhi persepsi konsumen pada saat itu. Dan kita lihat itu juga konsisten dengan turunnya penjualan ritel," ujar Lana.

Jadi, lanjutnya, konsumen juga melakukan antisipasi dengan menunda pembelian barang-barang yang bersifat secondary.

Dia mengungkapkan bahwa kedepan keyakinan konsumen juga diperkirakan masih mengalami pelemahan lantaran kenaikan BBM di bulan Maret yang dampaknya masih dirasakan pada bulan ini.

"Saya kira di bulan April ini masih aka nada perlambatan dari daya beli konsumen akibat kenaikan beberapa komponen tersebut," tambahnya.

Selain kenaikan harga BBM, kenaikan TDL dan harga bahan pokok menjelang bulan suci ramadhan juga menjadi faktor keyakinan konsumen melemah.

"Saya kira sampai semester I tahun ini masih ada potensi melemah, karena sudah menjelang puasa dan lebaran juga. Tapi mungkin bulan Mei masih ada kemungkinan daya beli konsumen akan meningkat," katanya. (-jpnn-)

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!