Senin, 06 April 2015

Cara Membuat Powerbank Sendiri, Kamu Bisa Kok!



Sebagian besar pemilik HP atau Smartphone pasti selalu bawa powerbank kemana-mana.

Tujuannya agar tidak kehabiasan baterai smartphone saat bepergian. Powerbank membantu untuk mengisi daya HP atau smartphone kita.

Kebanyakan dari pemilik smartphone memilih untuk membeli pengisi daya baterai (powerbank) di toko smartphone. Harganya pun disesuaikan dengan kapasitas powerbank.

Makin besar kapasitas daya listriknya, maka makin mahal harganya.

Tetapi, ternyata kita bisa membuat sendiri powerbank untuk HP atau smartphone kita.

Bahannya pun mudah ditemukan, yaitu baterai bekas laptop, dan sedikit perlakuan.

Jadi ngapain beli powerbank, kalau kita bisa membuatnya sendiri dari barang bekas. Muarah dan efisien.

Untuk membuat powerbank sendiri, bahan-bahan yang digunakan yaitu baterai laptop bekas (laptop yang sudah rusak, tapi baterainya masih bagus), kabel secukupnya, isolasi, lem, port USB (bisa diperoleh dari kabel USB atau charger rusak), kabel USB yang sesuai dengan HP atau Smartphone yang akan dicharge.

Sedangkan alat yang digunakan yaitu solder, timah, serta AVO meter.

Cara membuat powerbank sangat mudah:

- Buka baterai laptop bekas, di dalamnya terdiri dari 8 buah baterai kecil yang masing-masing baterai berkapasitas tegangan listrik 4 volt. Untuk membuat powerbank, disesuaikan saja besaran kapasitas. Bisa gunakan dua, empat, atau bahkan delapan baterai sekaligus (sesuai kebutuhan)

- Dalam tutorial ini hanya digunakan 4 baterai saja untuk menghasilkan daya 2000 mAh. 4 baterai ini kemudian saling direkatkan kemudian dirangkai dengan cara disolder untuk menghubungkan kutub-kutub negatif dan positif pada baterai sehingga menghasilkan baterai yang menyatu.

- Setelah terangkai dan menghasilkan listrik 2000 mAh (dibuktikan dengan tes pakai AVO meter), maka tinggal disambungkan kabel port USB, dengan cara menghubungkan kabel negatif dengan kutub negatif baterai, dan kabel positif USB pada kutub positif baterai.

- Powerbank sudah siap digunakan. (bagian kepala powerbank ada dua port, satu untuk pengisian daya powerbank, dan satu port untuk disambungkan ke HP atau smartphone).

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!