Senin, 02 Februari 2015

Tips Mencari Mitra Bisnis Yang Cocok

Selain dilakukan sendiri, membangun bisnis bisa dilakukan dengan mengandeng mitra. Hal ini biasanya dilakukan oleh pebisnis yang tidak begitu menguasai bisnis yang akan digeluti atau pebisnis yang membutuhkan modal patungan saat membangun bisnisnya. Untuk memilih mitra bisnis yang tepat tentunya Anda membutuhkan strategi. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencari mitra bisnis:

Jaringan
Cara untuk menemukan mitra bisnis yang cocok adalah melalui jaringan, sehingga Anda harus mulai menempatkan diri dalam komunitas profesional yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Cobalah untuk lebih banyak bertemu orang, bisa dari mantan rekan kerja, teman yang dikenalkan teman, atau klien di tempat Anda bekerja sekarang ini.

Intinya jangan pernah berhenti menjalin jaringan, karena bisa saja salah satu dari mereka menawarkan kesempatan menarik atau bahkan bisa menjadi mitra bisnis Anda.

Kecocokan
Saat mencari mitra bisnis, sama seperti halnya Anda mencari pasangan hidup, kuncinya adalah kecocokan. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah berbicara soal visi misi bisnis Anda, lihat kemampuan kerja, dan tanyakan pula seputar etos kerjanya.

Pembagian tugas yang jelas
Anda juga harus menjelaskan soal tugas-tugas yang akan dijalani Anda dan partner bisnis. Misalnya, Anda akan memegang masalah produksi, sementara mitra akan mengurus logistik. Sebaiknya, lakukan pembagian tugas secara jelas di awal, supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Akan lebih baik lagi jika pembagian tugas itu berdasarkan minat, karena Anda dan dia akan mengerjakannya dengan sepenuh hati.

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!