Minggu, 15 Februari 2015

Pendaftaran Online SNMPTN 2015 Resmi Dibuka

Pendaftaran Online SNMPTN 2015 Resmi Dibuka - Terhitung mulai tanggal 22 Januari 2015 kemarin, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 sudah resmi dibuka.

Maka bebarengan dengan hal tersebut, sekolah-sekolah harus mulai melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang batas waktunya hingga 8 Maret 2015.

PDSS sendiri berisi data rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi yang dimiliki siswa. Prof dr Iwan Dwiprahasto, MMed, Sc, PhD selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM menjelaskan selain nilai akademik siswa yang menjadi bahan pertimbangan dalam SNMPTN, rekam jejak keikutsertaan sekolah dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun-tahun sebelumnya juga menjadi bahan pertimbangan.

"Dalam seleksi SNMPTN 2015, kami tak hanya melihat nilai akademik masing-masing siswa. Tetapi kami juga menilai rekam jejak sekolah yang bersangkutan dalam mengikuti SBMPTN di tahun sebelumnya. Berapa banyak alumninya yang diterima dan bagaimana prestasi alumninya yang sudah berkuliah di UGM adalah salah satu bahan penilaian kami," jelas Iwan saat ditemui di kantornya, Kamis (22/1/2015).

Menurut Iwan, langkah ini diambil karena saat ini pihak PTN belum bisa memastikan sejauh mana kevalidan nilai Ujian Nasional jika dijadikan syarat masuk PTN. Tak hanya itu, SBMPTN juga dianggap lebih mencerminkan kemampuan siswa. Karena siswa mengerjakan soal yang kisi-kisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan PTN.

Iwan juga menambahkan nilai raport siswa tak serta merta akan menjadi bahan penilaian. Menurutnya, standarta nilai masing-masing sekolah yang berbeda menjadi kendala dalam melakukan seleksi. (tribunjogja.com)

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!