Minggu, 01 Februari 2015

Ilustrasi Dana Pensiun Yang Harus Anda Siapkan

Jika Anda saat ini berusia 30 tahun dan berencana untuk pensiun pada usia 55 tahun, tetapi ingin menyiapkan dana pensiun sampai usia 85 tahun. Bagaimana cara menghitungnya?

Dikutip dari laman resmi Danareksa Investment Management, Kamis (29/1/2015), disebutkan simulasi pensiun bertujuan untuk memberikan gambaran kepada Anda mengenai kebutuhan dana pensiun Anda.

Anda dapat mempersiapkan dana pensiun tersebut mulai dari sekarang, baik secara bulanan maupun tahunan tergantung diri Anda sendiri. Adapun reksadana yang dipergunakan untuk simulasi ini adalah reksa dana saham dengan pertimbangan investasi yang akan dilakukan bersifat jangka panjang.

Simak ilustrasi berikut ini:

Anda berusia 30 tahun dan berencana untuk pensiun pada usia 55 tahun, dan ingin mempersiapkan dana pensiun sampai usia Anda 85 tahun. Saat ini pengeluaran Anda per tahun adalah sebesar 100 juta rupiah.

Akan tetapi, Anda memperkirakan setelah pensiun kelak pengeluaran Anda akan naik sebesar 120% dengan tidak memperhitungkan inflasi dikarenakan kebutuhan yang semakin banyak setelah pensiun.

Saat ini Anda belum memiliki dana pensiun sama sekali. Berapakah dana pensiun yang harus Anda persiapkan?

Waktu hingga pensiun: 25 tahun
Pengeluaran tahunan: Rp100 juta
Tingkat perubahan pengeluaran tahunan ketika pensiun: 120%
Harapan hidup setelah pensiun: 30 tahun
Dana yang sudah disiapkan sekarang: Rp0

Setelah Anda simulasikan, maka dana pensiun yang harus Anda persiapkan setiap bulannya adalah sebesar Rp 5.410.793, atau jika Anda ingin mempersiapkan setiap tahun, maka jumlah yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 90.609.383. (Bisnis.com)

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!