Kamis, 19 Februari 2015

Fakta Unik Tentang Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas. Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúx, yang berarti "malam pergantian tahun".

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta pesta kembang api.

Selain itu, ada lima hal seru lainnya yang perlu Anda ketahui seputar Imlek. Berikut uraiannya:

Tanggal tahun baru Imlek selalu berubah-ubah
Setiap tahun, Imlek tidak pernah jatuh di tanggal yang sama karena menyesuaikan dengan pergerakan rotasi bulan terhadap bumi. Pada tahun ini, Imlek jatuh pada hari ini Kamis 19 Februari. Tahun depan, Imlek akan dirayakan pada tanggal 8 Februari. Oleh sebab itu, bagi Anda yang berencana berpergian ke daratan Tiongkok, lebih baik segera melakukan persiapan sedini mungkin. Pasalnya, jika terlambat atau terlalu dekat dengan hari Imlek, bisa jadi Anda bakal kehabisan tiket pesawat dan tempat penginapan.

Minggu paling sibuk dan padat
Satu pekan sebelum perayaan Imlek, lebih kurang 800 rakyat Tiongkok telah sibuk mempersiapkan kebutuhan untuk merayakan tahun baru Imlek. Kondisi serba sibuk dan cepat ini sangat terasa di area bandara, stasiun kereta api, dan terminal bus.

Beberapa kota di Tionghoa lebih lengang
Jika Anda ingin berpergian ke kota seperti Guangzhou, sangat disarankan satu minggu menjelang imlek. Sebab, pada minggu-minggu Imlek ini, Guangzhou dipastikan sepi, tidak macet, dan sangat mudah untuk mengunjungi beberapa destinasi liburan di sana.

Namun, sisi kurang menguntungkannnya adalah banyak restoran lokal tutup, sehingga Anda hanya bisa menikmati sajian khas Tiongkok di sejumlah restoran yang berlokasi dalam hotel bintang lima.

Harga tiket lebih mahal
Berpergian ke Tiongkok di minggu Imlek, ini berarti Anda harus menyiapkan uang lebih banyak. Pasalnya, sejumlah besar perusahaan penerbangan dan hotel mendongkrak harga ekonomis menjadi harga premium. Namun, keuntungan lain bisa Anda dapatkan saat berbelanja di mal atau pasar tradisional. Sebab, para pedagang menggelar diskon dan potongan harga yang sangat menggiurkan.

Seluruh negara di dominasi warna merah
Keindahan panorama Tiongkok semakin memesona dengan kehadiran dominasi warna merah. Seperti kita ketahui bahwa warna ini dipercaya rakyat Tionghoa sebagai lambang kesejahteraan dan keberuntungan

Sumber :
AllWomensTalk

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!