Rabu, 11 Februari 2015

Bontang Onthel Community (BOC), Olahraga Sekaligus Menghargai Sejarah

Bontang Onthel Community (BOC), Olahraga Sekaligus Menghargai Sejarah - Berawal dari keinginan yang sama untuk melestarikan seni dan budaya tempo dulu, para pecinta sepeda tua di Bontang mencoba membentuk sebuah komunitas. Komunitas yang diberi nama Bontang Onthel Community (BOC) ini didirikan pada 18 Agustus 2008. Sudah 6 tahun berjalan, BOC kini telah memilki 110 orang anggota.

Keunikan dari komunitas ini, selain melestarikan kebudayaan Indonesia juga sebagai bentuk menghargai jasa para pejuang republik ini. Dalam melakukan kegiatan, anggota BOC ini seringkali menggunakan seragam pejuang tahun 1945, baik ketika melakukan konvoi maupun sekedar bersepada santai mengitari kota taman.

Sehingga BOC, bukan hanya menyehatkan, namun juga sekaligus menghargai sejarah, sejarah para pejuang Indonesia.

Komunitas BOC, beranggotakan berbagai kalangan lapisan masyarakat baik dari usia anggota maupun jenis pekerjaan para anggotanya. Profesi anggotanya mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan Perusahaan, hingga anggota militer turut andil dalam komunitas ini.

Berbagai kegiatan sosial pun kerap dilakukan seperti bakti sosial, gotong royong pengecetan median jalan, dan kegiatan sosial lainnya.

Sekumpulan penghobi sepeda tua ini, menghayuh onthelnya di wilayah kota Bontang pada setiap minggu sore, dengan rute yang berbeda-beda setiap minggunya. Menariknya BOC sering melakukan touring hingga ke luar Bontang.

Diketuai oleh Misnu cahyadi, komunitas ini anggotanya tidak hanya kaum adam saja, tetapi beberapa anggota adalah para perempuan pecinta sepeda tua.

Selain mendapatkan hiburan, dan sehat karena berolahraga , komunitas ini juga bersifat positif bagi masyarakat kota Bontang, karena mendukung program Pemerintah dalam menghemat BBM dan melestarikan lingkungan.

Atribut atau lambang yang digunakan digambarkan dengan peta Kalimantan yang memiliki makna tempat keberadaan BOC yang menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, serta gambar sepeda Onthel yang memilki arti melestarikan kebiasaan bersepeda.

Sepeda Onthel memang memiliki daya tarik tersendiri. Meski zaman semakin berkembang, dan berbagai kendaraan unik dan menarik semakin bermunculan, namun sepeda tua Onthel, masih memiliki tempat tersendiri, di hati para pencinta sepeda tua khususnya di Kota Taman.

Dari sepeda tua ini, terdapat nilai sejarah yang tinggi, untuk mengingat peninggalan tempo dulu yang juga merupakan kenang-kenangan pada masa penjajahan.
--pktv bontang--

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!