Rabu, 14 Januari 2015

Tips Meningkatkan Reputasi Bisnis Online

Menjalankan suatu bisnis tak melulu soal bagaimana mencapai omset yang terus meningkat setiap bulan. Bisnis memerlukan reputasi yang baik agar dapat berkembang secara positif. Tak terkecuali dengan bisnis online. Pada bisnis konvensional, kita tentu dapat memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan pada para pelanggan setia kita. Sedangkan pada bisnis online?

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga reputasi bisnis online yang kita bangun? Saat berbisnis di dunia maya, kita berkomunikasi dengan para pelanggan melalui deretan pesan atau foto produk dan jasa yang kita unggah. Tapi bukan berarti kita tak bisa menjaga reputasi bisnis online kita lho. Cara-cara sederhana ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan reputasi bisnis online kita:

1. Terlalu Sering Menggunakan Media Sosial Ternyata Kurang Efektif

Media sosial memang menjadi salah satu sarana modern untuk memperkenalkan bisnis online. Penggunaan media sosial harus dilakukan secukupnya secara efektif. Jangan pernah menggunakan media sosial secara terus menerus untuk memberikan informasi dan posting produk. Karena hal ini dapat mengakibatkan para pengguna media sosial lainnya malah semakin jenuh.

Sebagai contoh, jika kita memiliki usaha dekorasi cake, kita dapat mem-posting foto-foto cake dekoratif terbaru tanpa harus mencantumkan keterangan dan harga yang sifatnya promosi. Hal ini tentu akan jadi lebih estetis dan mengundang keingintahuan banyak orang untuk mem-follow akun media sosial kita.

2. Yang Harus Ada di Media Sosial

Akun media sosial bisnis online wajib mencantumkan logo serta informasi kontak secara lengkap. Karena akun media sosial juga dapat berfungsi sebagai kartu nama digital bagi bisnis online kita. Dengan demikian, calon pelanggan yang ingin menghubungi kita dapat menemukan informasi kontak secara mudah melalui akun media sosial bisnis kita.

3. Pengetahuan Akan Produk Bisnis Tentu Sangat Penting

Bila kita terlalu sibuk untuk menangani akun media sosial sendirian, kita tentu harus meng-hire orang lain untuk menanganinnya. Hal yang paling krusial adalah menyamakan visi kita dengan visi si admin media sosial tersebut. Berikan pemahaman padanya mengenai product knowledge dan cara menghadapi calon pelanggan secara ramah. Jadi, saat kita tak sempat melirik akun media sosial, ia dapat membantu kita memberikan keramahan dan informasi yang diperlukan oleh para calon pelanggan

4. Review dari Pelanggan akan Membangun Bisnis Kita

Tak ada salahnya lho meminta feedback atau review dari para pelanggan. Kita jadi lebih tahu bagian mana dari bisnis kita yang harus segera diperbaiki atau harus tetap dipertahankan. Jangan pernah menganggap review dari pelanggan sebagai sesuatu yang menjengkelkan. Karena dari review itulah kita mendapat saran yang sangat objektif bagi kemajuan bisnis kita.

5. Konten Gambar Lebih Difavoritkan

Pengguna media sosial biasanya lebih gemar membagikan (share atau retweet) konten-konten yang terdiri dari gambar yang menarik. Kita bisa mempertimbangkan hal ini untuk mulai membagikan konten-konten bergambar yang menarik. Dengan demikian, para followers kita akan jadi lebih tertarik untuk membagikan konten yang kita post kepada orang lain. Akun media sosial kita akan jadi semakin populer dan dikenal oleh banyak orang.

6. Belajar Dari Mereka yang Telah Sukses

Hal apa yang bisa kita lakukan untuk meningkakan reputasi bisnis online kita? Belajarlah dari beragam bisnis online yang sudah sukses. Cara mereka dalam memancing perhatian dan rasa ingin tahu para pengguna media sosial akan membuat kita menyadari bahwa media sosial dapat menjadi sarana yang sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis online. Banyak sekali brand populer yang menjalankan tindakan-tindakan kreatif untuk meningkatkan popularitas dan reputasi bisnis online-nya.

7. Seimbangkan Pelayanan Online dan Offline

Pelayanan online mencakup bagaimana bisnis kita menjawab setiap pertanyaan dan rasa ingin tahu dari pelanggan. Sedangkan pelayanan offline mencakup kualitas produk serta mekanisme pengiriman yang aman. Bila kedua hal ini bisa diseimbangkan secara terus menerus, tentu saja para pelanggan kita akan merasa puas dan memberikan feedback yang positif bagi perkembangan bisnis online kita.

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!