Rabu, 28 Januari 2015

Terasi Khas Bontang Kuala, Produk Alami Oleh-oleh Kota Taman

Terasi Khas Bontang Kuala, Produk Alami Oleh-oleh Kota Taman - Kota Bontang merupakan kota kecil yang memiliki periaran laut yang luas, tak ayal hal ini membuat Bontang menjadi kota yang memiliki sumber daya laut yang melimpah, dan udang satu diantaranya. Dengan udang sebagai salah satu hasil laut, berbagai panganan bernilai jual dapat di produksi seperti halnya terasi.

Olahan terasi udang khas Bontang Kuala menjadi oleh-oleh favorit para pengunjung ketika datang ke Kota Bontang. Dimana terasi Bontang Kuala ini dinilai memiliki kualitas yang baik dengan bahan baku udang embaring tanpa campuran bahan kimia.

Risma, salah seorang pemilik kios terasi khas Bontang Kuala mengaku membuat sendiri terasi yang dijualnya, dan menjadi Oleh-oleh terlaris yang dijual toko nya kala pengunjung dan wisatawan datang. Menurut Risma, terasi khas Bontang Kuala ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar udang embaring, sejenis udang papay yang di tumbuk dengan sedikit air yang kemudian di cetak dan di jemur secara alami. Sehingga aroma dan rasa yang dihasilkan murni dan alami, tanpa adanya bahan pengawet maupun bahan kimia lainnya.

Harga terasi yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 25.000,- per bungkusnya. “terasi dibuat secara alami dengan udang embaring, dan nggak ada pakai bahan pengawet, bisa dilihat kok prosesnya. “ Jelas Risma.

Selain terasi udang, masih ada beberapa jenis panganan dan olahan hasil laut, yang menjadi khas makanan Bontang disejumlah outlet oleh-oleh Kota Taman. Seperti manisan dan dodol rumput laut, ikan asin, embaring kering, asam kendis, dan rumput laut kering.

Laporan : Ela Narasiani | Pktvbontang.com

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!