Kamis, 15 Januari 2015

5 Strategi Bisnis Dalam Menentukan Produk Untuk Bisnis Sampingan Online

5 Strategi Bisnis Dalam Menentukan Produk Untuk Bisnis Sampingan Online - Saat ini bisnis online sudah menjamur, bisnis dengan cara online ini sangat menguntungkan baik bagi pebisnis ataupun pembeli yang tidak harus bersusah payah datang dan memilih hal yang dibutuhkannya. Banyak masyarakat yang memanfaatkan hal itu, karena selain membutuhkan modal kecil, bisnis ini pun banyak di gandrungi masyarakat yang tidak mau ribet dalam belanja.

Penjualan produk melalui bisnis online saat ini terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan, seiring berkembangnya dunia maya atau internet. Apalagi kini banyak masyarakat yang enggan menghabiskan banyak waktu atau bahkan tidak memiliki waktu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari ke pasar, toko atau mall. Belanja di toko online menjadi alternatif yang dapat dilakukan kapan saja dengan mengisi waktu luang!

Salah satu alasan itulah yang menjadikan bisnis toko online menjadi pilihan paling tepat untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan bagi para pengusaha, karyawan bahkan para mahasiswa. Meski demikian, memanfaatkan kesempatan besar ini tidak semudah yang Anda bayangkan, karena pesaing bermunculan setiap harinya. Maka, Anda harus memahami strategi bisnisnya, sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis toko online, terutama dalam hal menentukan produk yang akan dijual.

Berikut merupakan beberapa strategi bisnis yang dapat Anda lakukan dalam menentukan produk untuk bisnis sampingan toko online yang akan Anda jalankan.

1.Pilih dan tentukan produk yang tidak tersedia di toko offline

Ada beberapa macam produk yang tidak tersedia dan dijual bebas di toko offline. Misalnya saja pakaian, tas, aksesoris unik, gadget, dan aneka produk lainnya. Susahnya barang diperoleh di toko offline inilah yang membuat para onsumen tertarik utuk membeli produk yang Anda jual di toko online Anda.

2.Pilih produk sesuai tren saat ini dan sesuai dengan hobi Anda

Sebagai contoh, misalnya Anda adalah salah satu penggemar sepakbola, maka Anda dapat membuka toko online dengan menyediakan berbagai macam barang yang berhubungan dengan sepak bola misalnya saja pernak-pernik bola, baju bola, sepatu bola dan lain sebagainya. Bisnis yang dijalankan sesuai dengan hobi pastinya akan lebih optimal dan menyenangkan.

3.Tentukan jenis produk dengan turnover rendah

Adakalanya sebuah produk akan lebih cepat dan mudah ketinggalan jaman atau kadaluwarsa seperti makanan maupun jenis produk kecantikan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih dan menentukan produk apa yang cocok Anda jual sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis toko online sebagai bisnis sampingan. Jangan sampai produk Anda tidak laku terjual dan menumpuk di gudang sehingga berakibat buruk terhadap bisnis toko online Anda.

4.Tentukan jenis produk yang memiliki banyak aksesoris

Produk yang memiliki banyak aksesoris akan bisa menambahkan nilai suatu produk. Contohnya saja produk gadget, laptop dan kamera. Produk tersebut memiliki berbagai aksesoris, hal itu dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi bisnis untuk menjual produk dengan harga lebih mahal. Misal Anda menjual laptop, kemudian Anda memberikan bonus aksesorisnya berupa cooling pad dan lain sebagainya.

5.Menjual jenis produk dengan berat yang ringan

Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam menjalankan bisnis toko online adalah adanya biaya pengiriman atau biasa disebut dengan ongkos kirim yang akan dibebankan oleh para konsumennya. Sehingga hal ini juga harus menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis toko online dalam mematok harga jual produk agar biaya yang harus di tanggung oleh konsumen tetap lebih murah jika dibandingkan dengan mereka membeli di toko offline. Untuk itu, cobalah menjual produk dengan berat yang ringan sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli beberapa produk sekaligus.

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!