Selasa, 27 Januari 2015

5 Penyebab Sakit Saat Menyusui - Bagaimana Dengan Anda?

5 Penyebab Sakit Saat Menyusui - Bagaimana Dengan Anda? - Menyusui anak menjadi dambaan semua ibu di dunia. Namun, menyusui anak bisa berubah menjadi hal yang merepotkan. Itu akan terjadi jika ibu merasa kesakitan ketika memberikan ASI pada sang anak. Berikut beberapa penyebab sakit saat menyusui.

1. Ankyloglossia

Ankyloglossia adalah kondisi yang membatasi pergerakan lidah. Kita semua dilahirkan dengan frenulum, membran yang melekat bagian bawah lidah ke lantai mulut. Pada beberapa bayi, frenulum terlalu ketat atau terlalu pendek.

"Jika bagian dari membran ditempatkan pada tempat yang tidak biasa di lidah bayi, mungkin membatasi gerakan lidah," kata konsultan laktasi internasional, Irene Zoppi, seperti dilansir laman Fox News. Studi menunjukkan bahwa Ankyloglossia memengaruhi hingga sepuluh persen bayi dan juga bisa turun-temurun.

Ada dua jenis Ankyloglossia dan berbagai tingkat keparahan. Sebuah anterior Ankyloglossia sangat mudah untuk dilihat dan ditandai oleh frenulum yang melekat pada bagian depan lidah. Untuk beberapa bayi, mereka mungkin tidak dapat menempel pada ujung lidah mereka di luar bibir bawah. Atau ketika mereka menangis lidah akan terlihat berbentuk hati karena begitu terbatas.

Sebuah posterior Ankyloglossia terjadi ketika frenulum terpasang hanya untuk dasar lidah. Praktisi dapat melihatnya dengan mencermati pergerakan lidah.

2. Pasokan susu rendah dan nyeri

" Ketika Anda memiliki bayi namun Anda kesulitan menyusui maka penyebab utamanya adalah anatomi," kata Dr Julie L. Wei, seorang otolaryngologist anak di Rumah Sakit Anak Nemours di Orlando, Florida.

Hal ini karena cara lidah bayi bergerak saat dia menyusui jauh berbeda dibandingkan saat dia minum dari botol. " Lidah bayi yang melakukan sebagian besar pekerjaan memegang puting dan payudara," kata Zoppi.

Jika bayi tidak dapat menempel atau mempertahankan kaitannya mereka pada payudara sang ibu, maka mereka tidak akan mampu menyedot efektif dan menguras ASI. Dia juga bisa muntah atau menarik payudara terlalu sering.

Dia bahkan mungkin mencoba untuk mengkompensasi dengan mengisap sangat cepat tapi masih tidak akan bisa mendapatkan cukup ASI. "Alih-alih menangkap payudara dan puting, bayi bisa menggunakan gerakan mengunyah," kata Zoppi.

3. Keterlambatan bicara dan kebersihan mulut

Ankyloglossia juga dapat menyebabkan keterlambatan bicara. Wei melihat beberapa anak-anak setiap minggu yang memiliki keterlambatan bicara, yaitu masalah dengan artikulasi dan pengucapan. Ankyloglossia juga dapat memengaruhi kesehatan mulut. Pasalnya, hal itu menyebabkan kesulitan membersihkan makanan dari mulut.

4. Pilihan pengobatan

Karena penelitian menunjukkan bahwa tidak semua bayi yang didiagnosis dengan Ankyloglossia maka penting untuk melihat apa yang terjadi dengan kedua bayi dan ibu pada saat yang sama. Bayi yang menderita Ankyloglossia akan segera memerlukan pengobatan.

5. Apa yang harus Anda ketahui

Jika Anda mengalami masalah menyusui atau khawatir tentang berat badan bayi Anda, lebih baik Anda segera berbicara dengan dokter anak, OB / GYN atau bidan atau konsultan laktasi.

KotaBontang.net  Mengabarkan Untuk Anda : Portal Kota Bontang Untuk Indonesia | Sharing Informasi dan Media Diskusi Kota Bontang | MentionUs!